Selasa, 01 April 2014

Isu dan Permasalahan

Adanya konsep eco-green living pada lokasi perencanaan dikarenakan timbulnya berbagai masalah yang berdampak pada kenyamanan masyarakat sekitar untuk tinggal di wilayah tersebut. Adapun permasalahan dasar yang ada di wilayah studi yaitu
1.       Jalan rusak dan berlubang
2.       Belum adanya trayek angkutan umum
Belum adanya trayek angkutan umum ini menjadikan masyarakat di wilayah studi mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas mereka seperti bekerja. Selain itu berakibat pada terhambatnya distribusi barang kebutuhan masyarakat.
3.       Penggunaan air tanah yang berlebih menyebabkan terjadinya land Subsidence
Land subsidence merupakan penurunan muka tanah sebagai fungsi dari waktu atau juga disebut sebagai deformasi vertical dari permukaan tanah terhadap bidang referensi yang dianggap tetap. Adapun penyebab land subsidence atau penurunan muka tanah adalah pengambilan air tanah yang berlebihan.
4.       Daerah rawan rob
5.       Pencemaran air dan udara
Adanya limbah rumah tangga dan limbah industry yang tidak diolah dengan baik akan mengakibatkan pencemaran air yang ada di wilayah studi. Selain itu adanya aktivitas industri serta tingginya penggunaan kendaraan bermotor mengakibatkan pencemaran udara.
6.       SIstem pengolahan sampah dibakar
7.       Drainase belum merata
8.       Belum adanya IPAL

Berdasarkan  permasalahan – permasalahan tersebut diatas, terdapat kelompok-kelompok masalah sebagai berikut
1.       Aksesibilitas sulit
2.       Banyak terjadi masalah degradasi lingkungan
3.       Infrastruktur masih buruk

Adapun masalah utama yang terjadi di wilayah studi yaitu belum adanya permukiman yang menyediakan infrastruktur dan aksesibilitas yang memadai dan berwawasan lingkungan.
Masalah – masalah tersebut diatas menimbulkan dampak seperti
1.       Berkurangnya tingkat kenyamanan
2.       Rendahnya mobilitas penduduk
3.       Keselamatan dan kesehatan masyarakat terganggu
Dampak luas yang terjadi akibat adanya masalah – masalah tersebut diatas yaitu rendahnya produktivitas masyarakat yang berpengaruh terhadap kesejahteraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar